4 Alasan Kenapa Pemanasan Sebelum Main Futsal itu Penting

Foto contoh pemanasan pemain futsal yang baik dan benar

Futsal adalah salah satu olahraga yang sering mempertontonkan pertandingan dengan tempo yang cepat. Setiap pemain harus bergerak cepat dalam menyerang, kadang juga mereka harus berotasi cepat dari menyerang menjadi bertahan.

Maka dari itu fisik yang prima menjadi salah satu syarat layak tidaknya Seorang pemain untuk berlaga. Fisik yang prima pun tidak bisa menjamin bagus tidaknya performa pemain saat bertanding. Karena persiapan sebelum bermain juga harus dilakukan sebelum bertanding.

Salah satu persiapan seorang pemain futsal sebelum bertanding yang paling di sarankan adalah melakukan pemanasan. Tak hanya dalam dunia futsal, pada beberapa olahraga lainpun, sangat dianjurkan untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga.

Pemanasan pun bermacam-macam, ada yang memulai dengan berlari-lari kecil mengelilingi lapangan kemudian melakukan peregangan otot agar tidak mengalami kram. Namun adakah manfaat dari beberapa pemanasan tersebut? Nah untuk lebih jelas lagi berikut beberapa alasan kenapa pemanasan itu penting untuk seorang pemain futsal.

1. Meningkatkan Suhu Tubuh

Sesuai namanya 'pemanasan' tujuannya untuk meningkatkan suhu tubuh menjadi lebih hangat. 'Kenapa kok bisa meningkatkan suhu tubuh?' Pemanasan bekerja untuk melebarkan kapiler pembulu darah, Ini sangat membantu kamu untuk mendapatkan lebih banyak oksigen yang akan disalurkan ke otot untuk memperoleh energi yang lebih maksimal ketika bermain futsal.

2. Meminimalisir Cedera

Mengingat Futsal menyajikan permainan cepat dan keras, setiap pemain bisa saja mengalami cedera. Bagaimana cara mengurangi resiko cedera? Salah satunya dengan melakukan pemanasan sebelum bertanding. Dengan melakukan pemanasan, persendian dan otot akan terasa lebih lentur jadi resiko cedera pemain akan lebih kecil.

3. Menstabilkan Detak Jantung

Dengan melakukan pemanasan sebelum bertanding, otomatis jantung akan dilatih berdetak lebih kencang dari biasanya secara bertahap. Mengingat saat bermain futsal, asupan oksigen bisa saja berlebih, jantung kamu akan berdetak lebih kencang. Nah jikalau sebelumnya kamu sudah melakukan pemanasan, jantung kamu akan lebih stabil atau simpelnya tidak kaget.

4. Menghilangkan Grogi

Selain menyiapkan kondisi fisik, pemanasan juga berdampak positif pada mental sang pemain. Jika sang pemain bermental buruk, akan berujung memperburuk permainan. 'Kenapa bisa begitu?' Kondisi mental yang tidak siap berakibat stres pada tubuh. Hal ini menjadi penyebab tubuh memproduksi hormon yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, selain membuat grogi bisa juga berdampak cedera pada saat melakukan olahraga.

Penutup

Pemanasan yang baik biasanya dilakukan sekitar 5-10 menit. Pemanasan yang dilakukan dengan benar dapat meningkatkan aliran darah ke otot, yang meningkatkan performa dan mengurangi risiko cedera, juga menurunkan ketegangan pada otot.

Nah cukup sekian penjelasan mengenai pentingnya pemanasan bagi seorang pemain futsal. Dengan melakukan pemanasan, insyaa allah kedepannya kamu akan bisa bermain futsal lebih semangat dan terbebas dari kram.


Sumber https://adyarazan.blogspot.com/

0 Response to "4 Alasan Kenapa Pemanasan Sebelum Main Futsal itu Penting"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

close