loading...

Aturan Ukuran Gawang Futsal Menurut Nasional dan FIFA

Salah satu perlengkapan lapangan yang wajib ada ketika kita bermain futsal adalah gawang. Ukuran gawang futsal sendiri berbeda dengan ukuran gawang pada olahraga sepak bola. Setiap kemenangan pertandingan futsal ditentukan oleh banyaknya gol yang masuk ke gawang.

Bentuk gawang futsal adalah persegi panjang seperti gawang pada sepak bola namun, ukuran gawang futsal lebih kecil dan dilengkapi juga dengan jaring yang digunakan untuk menahan bola. Gawang futsal sendiri sudah memiliki aturan standar yang mengatur bentuk, posisi, ukuran gawang dan lainnya.

bentuk gawang futsal di dalam lapangan
Tidak semua orang tahu bahwa ukuran gawang futsal. Bahkan penjaga gawang ataupun kiper futsal belum tentu tahu jika ditanya ukuran gawang futsal menurut standar nasional ataupun internasional yang dikeluarkan oleh FIFA. Maka dalam artikel ini kita akan bahas seputar ukuran gawang futsal.

Aturan ukuran gawang futsal terdapat pada Peraturan No. 1 Mengenai Lapangan di 17 Peraturan Futsal 2014-2015.

Ketentuan Ukuran Gawang Futsal


  1. Gawang terdiri dari dua tiang yang sejajar dengan posisi vertikal (tegak lurus) berjarak sama dari masing-masing sudut dan dihubungkan oleh tiang horizontal (kanan ke kiri) pada bagian atas.
    bentuk gawang futsal
  2. Jarak kedua tiang gawang adalah 3 meter dari bagian dalam tiang dan jarak dari tiang palang ke lantai adalah 2 meter dari tiang horizontal bagian dalam sampai ke permukaan lantai.
    Salah satu perlengkapan lapangan yang wajib ada ketika kita bermain futsal adalah gawang Aturan Ukuran Gawang Futsal Menurut Nasional dan FIFA
    ukuran gawang futsal
    Baca Juga : 4+ Perlengkapan Wajib Pemain Futsal, Pemula Wajib Paham!
  3. Diameter tiang gawang dan tiang palang adalah 8 centimeter.
    Salah satu perlengkapan lapangan yang wajib ada ketika kita bermain futsal adalah gawang Aturan Ukuran Gawang Futsal Menurut Nasional dan FIFA
    ukuran tiang gawang futsal
  4. Gawang ditempatkan di bagian tengah pada garis gawang.
    garis gawang futsal
  5. Jaring dibuat dari bahan nilon dan melekat pada bagiaan belakang tiang gawang dan tiang palang.
  6. Ukuran kedalaman gawang berukuran 100 centimeter pada bagian bawah dan 80 centimeter pada bagian atas.
    ukuran kedalaman gawang futsal
  7. Gawang dapat dipindahkan tetapi harus tetap kokoh di permukaan lapangan saat pertandingan berlangsung.
  8. Penampang harus berbentuk persegi, persegi panjang, lingkaran atau elips. Penampang dianjurka berbentuk lingkaran karena lebih aman jika terjadi benturan. serta pangtuan bola dengan tiang penampang ligkaran menghasilkan arah yang kuat.

Ketentuan Lain Berhubungan dengan Gawan Futsal

Garis Lapangan Futsal

Area lapangan futsal dibatasi oleh garis luar yang terdapat pada permukaan lapangan yang disebut Goal Line dan Touched Line. Goal Line atau Garis Gawang merupakan garis pembatas lapangan yang ada di bagian tiang gawang. Sedangkan Touched Line atau Garis Samping merupakan garis yang berfungsi untuk pemabtaas lapangan bagian samping.

Garis Titik Pusat/tengah Lapangan Futsal

Lapangan futsal dibagi menjadi dua baagia oleh garis tengah lapangan. Titik pusat/tengah lapangan dikelilingi satu lingkaran yang memiliki radius 3 meter.

Lihat Juga : Daftar Alamat Lapangan Futsal di Bandung Lengkap dengan Nomor Teleponnya

Daerah Penalti

Daerah penalti berbentuk garis busur dengan ukuran 6 meter dengan kedua titik tiang gawang sehingga diperoleh masing-masing 1/4 lingkaran dan dihubungkan dengan garis sepanjang 3,16 meter yang membentang sejajar dengan garis gawang.

Titik Penalti

Di dalam permainan futsal terdapat dua titik penalti. Titik penalti pertama mempunyai jarak 6 meter dari titik tengah yang berada diantara posisi tiang gawang vertikal dan jaraknya sama diantarakedua tiang gawang. Sedangkan untuk titik penalti kedua mempunyai jarak 10 meter dari titik tengah garis gawang.

Titik Tendangan Sudut 

Dalam lapangan futsal terdapat 4 titik di setiap sudut lapangan. Titik tendangan sudut sendiri memiliki garis yang masing-masing berukuran 1/4 lingkaran dengan radius 25 centimeter.

Kiper (Penjaga Gawang)

Dalam permainan futsal setiap tim terdiri dari 5 orang pemain. Diantara 5 pemain tersebit salah satu pemain adalah kiper (penjaga gawang). Suatu pertandingan futsa l tidak boleh dimulai apabila jumlah pemain dalam satu tim kurang dari 3 orang. Saat menjadi kiper kalian harus tahu 4 Perlengkapan yang Wajib dimiliki Kiper Futsal.

Pergantian Penjaga Gawang

Ada dua cara dalam melakukan pergantian kiper (penjaga gawang) dalam futsal :
  1. Dengan memberitahukan kepada wasit, pemain yang menggantikan posisi kiper (penjaga gawang) harus menggunakan kaos dengan warna yang sama dengan kiper dan nomor punggu yang bersangkutan.
  2. Untuk pergantian penjaga gawang sendiri, dalam futsal tidak perlu menunggu wasit atau memberitahukan kepada wasit. Pemain dapat melakukan pergantian secara langsung.

Aturan Gol Tercipta

  1. Dalam pertandingan futsal, gol tercipta apabila seluruh bagian bola melewati garis gawang diantara dua tiang gawang dan di bawah mistar gawang. Dan tidak ada tindakan pelanggaran sebelum pemain mencetak gol.
  2. Gol bisa dinyatakan tidak sah jika kiper (penjaga gawang) dari tim penyerang dengan sengaja melempar bola dengan tanga atau lengan dari daerah penalti sendiri dan kiper tersebut merupakan pemain terakhir yang menyentuh bola atau dalam artian tidak ada pemain lain yang menambahkan sentuhan bola. Pertandingan akan dimulai kembali dengan pembersihan gawang/tendangan gawang bagi tim.


Demikian adalah informasi mengenai ukuran gawang futsal menurut aturan Nasional dan FIFA. Semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan anda tentang permainan futsal. Sekian dari saya dan terima kasih, jangan lupa tinggalkan komentar dibawah artikel ini.
Sumber https://adyarazan.blogspot.com/

0 Response to "Aturan Ukuran Gawang Futsal Menurut Nasional dan FIFA"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

Cpx24.com CPM Program
close