loading...

Larangan atau Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Kiper Futsal

Seperti yang diketahui, dalam olahraga futsal terdapat seoran pemain yang berposisi sebagai kiper. Tentu tugas dari kiper adalah sebagai orang yang menjaga gawang dari kebobolan akibat serangan dari lawan, apabila tidak ada kiper tentu permainan futsal akan terlihat membosankan.

Selain sebagai sosok penyelamat tangguh yang rela jatuh bangun di area gawang, kiper juga bertugas sebagai komando di lini pertahanan. Jadi bisa dibilang kiper merupakan salah satu posisi paling penting dalam olahraga futsal.
larangan kiper futsal
Berbeda dengan pemain lainnya, kiper memiliki peraturan tersendiri. Jika pemain berposisi lain seperti anchor, pivot dan flat dilarang menyentuh bola, kiper bebas mau menyentuh, memeluk atau menangkap bola sesuka hati dengan catatan berada di area penalti sendiri.

Sebagai kiper yang baik tentu harus mengetahui peraturan-peraturan mengenai hal yang boleh dan larang dilakukan. Apabila tidak paham, tentu akan berdampak negatif karena harus dihukum dan tidak terkesan profesional. Pada artikel ini kami akan mengulas hal yang tidak boleh dilakukan oleh kiper futsal, tentu ini wajib untuk dipahami, silahkan disimak sampai selesai ya.

1. Menguasai Bola Lebih dari 4 Detik

Penjaga gawang pada futsal dilarang menguasai bola selama lebih dari empat detik di daerah permainan sendiri mau itu ditahan menggunakan kaki atau dipegang dengan tangannya. Wasit menghitung tempo ketika kiper menguasai bola, apabila kiper tersebut ketahuan menguasai bola lebih dari 4 detik, siap-siap deh dianggap melakukan pelanggaran, biasanya sanksi yang harus diterima adalah tendangan bebas tidak langsung. 
hal yang tidak boleh dilakukan kiper futsal
Apa tendangan bebas tidak langsung? Silahkan baca artikel kami yang berjudul pelanggaran dalam olahraga futsal. Perlu dicatat, pelanggaran tersebut diberikan kepada kiper yang menguasai bola di area penalti sendiri. Apabila kiper menguasai bola diluar garis tengah lapangan, maka wasit akan memberhentikan hitungan tersebut dan sang kiper bisa mengontrol bola sepuasnya, wasit akan menghitung kembali apabila kiper kembali ke area sendiri. Biasanya kiper ikut maju ke area lawan ketika timnya menggunakan startegi powerplay. Apa itu Powerplay? Untuk yang belum tahu silahkan kalian tengok penjelasan strategi powerplay futsal.

2. Backpass

Apa itu backpass? Backpass adalah suatu momen dimana seorang pemain mengoper bola ke arah kiper setim. Pada pertandingan futsal, backpass boleh dilakukan ketika kick in, corner kick atau free kick dengan catatan sang kiper hanya boleh menerima backpass tersebut menggunakan kaki, ingat terima menggunakan kaki ya bukan tangan. Lain halnya apabila rekan setim mengoper bola menggunakan kepala atau dada, barulah sang kiper boleh memegang bola menggunakan tangan. 

Berikut ini rincian hal yang dianggap pelanggaran saat backpas, wajib dihindari nih.
  • Menerima kembali menggunakan kaki atau tangan hasil umpan rekan sebelum bola tersebut disentuh oleh pemain lawan.
  • Menangkap bola ketika rekan setim melakukan backpass menggunakan kaki.
Baca Juga: 
Itu saja hal larangan kiper futsal yang harus dihindari. Jika pembaca sudah paham, tentu hal yang selanjutnya dilakukan adalah harus menghindari larangan tersebut. Apabila melakukan hal terlarang tersebut, tentu ini akan merugikan diri anda sendiri dan juga tim yang anda bela. Saya akhiri artikel ini, terimakasih sudah membaca dan sampai jumpa!

Sumber https://adyarazan.blogspot.com/

0 Response to "Larangan atau Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Kiper Futsal"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

Cpx24.com CPM Program
close