Pelanggaran & Sanksi dalam Olahraga Futsal Yang Wajib Diketahui !

Ketika pertandingan berlangsung, ada banyak sekali pelanggaran yang bisa terjadi. Apalagi pada olahraga yang tergolong keras bertempo cepat seperti futsal, kontak fisik yang berujung pelanggaran bisa saja sering terjadi.

Kontak fisik yang berlebihan atau tergolong keras tentu akan dianggap pelanggaran yang sudah jelas dianggap melanggar peraturan baik itu dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja.

Biasanya pemain futsal yang melakukan pelanggaran akan dikenai sanksi. Sanksi bisa ringan bisa juga berat tergantung pelanggaran apa yang dilakukan oleh pemain tersebut.
 ada banyak sekali pelanggaran yang bisa terjadi Pelanggaran & Sanksi dalam Olahraga Futsal Yang Wajib Diketahui !
pelanggaran dan sanksi futsal
Apabila ada pemain yang melakukan pelanggaran ringan, biasanya wasit hanya akan memberikan peringatan. Akan tetapi apabila seorang pemain futsal melakukan pelanggaran keras, bisa saja wasit memberikan sanksi berupa kartu kuning bahkan kartu merah yang berujung pada pengusiran pemain dari lapangan. Pada artikel sebelumnya kami juga pernah membahas peraturan futsal yang wajib diketahui oleh anak futsal. Silahkan kalian baca untuk menambah refrensi sebelum kalian bermain futsal.

Dalam olahraga futsal ada beberapa hal-hal yang dianggap pelanggaran. Apabila seorang pemain melakukan hal tersebut tentu akan berdampak negatif terhadap pemain itu sendiri dan juga juga tim yang dibelanya.

Seperti judul diatas, bahasan artikel kali ini adalah pelanggaran dan sanksi dalam olahraga futsal. Tentu pengetahuan ini perlu dipelajari apalagi oleh pemain amatir yang mengikuti turnamen, apabila pengetahuan ini diabaikan tentu akan berakhir sia-sia akibat melakukan hal-hal konyol yang dianggap pelanggaran oleh wasit, selengkapnya silahkan scroll sampai selesai ya.

Jenis-Jenis Pelanggaran dalam Olahraga Futsal

Seperti yang diketahui, apabila ada seorang pemain yang melakukan pelanggaran, pemain tersebut akan diberi sanksi atau hukuman oleh wasit. Di dalam olahraga futsal ada beberapa jenis sanksi yang akan diberikan kepada pemain sesuai dengan apa pelanggaran yang dia lakukan, selengkapnya berikut jenis pelanggaran dan sanksi dalam olahraga futsal dari yang ringan hingga berat.

#1 Tendangan Bebas Langsung

Seorang wasit akan memberikan tendangan bebas langsung kepada tim lawan apabila ada pemain yang melakukan pelanggaran yang dianggap lalai atau ceroboh dan juga cenderung melakukan tindakan keras kepada lawan seperti:
  • Menendang lawan dengan sengaja
  • Mengganjal tubuh lawan
  • Menerjang pemain lawan
  • Memukul atau menyerang lawan dengan sengaja
  • Melakukan dorongan kepada lawan
  • Melakukan sleding atau menekel lawan menggunakan dua kaki
  • Memegang bola dengan sengaja (kec: kiper)
 ada banyak sekali pelanggaran yang bisa terjadi Pelanggaran & Sanksi dalam Olahraga Futsal Yang Wajib Diketahui !
tendangan bebas dalam futsal - pelanggaran futsal
Melakukan tendangan bebas langsung dalam pemainan sangatlah mudah. Cukup letakan bola di area dimana pelanggaran terjadi dan tendang. Ingat harus ditempat pelanggaran terjadi ya, apabila ketahuan mengubah posisi tendangan bebas, wasit akan menganggap ini pelanggaran.

#2 Penalti

tendangan pinalti dalam futsal - sanksi futsal
Sama dengan sepakbola, ada juga hukuman tendangan penalti dalam olahraga futsal. Biasanya sanksi tendangan penalti akan diberikan kepada tim lawan apabila ada pemain yang melakukan pelanggaran di area penalti sendiri. Dalam olahraga futsal tak selamanya hukuman penalti diberikan apabila ada seorang pemain melakukan pelanggaran di area penalti sendiri. Hukuman tendangan penalti akan diberikan kepada tim lawan apabila ada tim yang melakukan total akumulasi pelanggaran 6 kali dalam 1 babak.

#3 Tendangan Bebas Tidak Langsung

Hukuman tendangan bebas tidak langsung biasanya akan diberikan oleh wasit apabila tim lawan melakukan pelanggaran akibat kesalahan baik itu dilakukan kiper dan pemain lain. Bisa juga ini akibat kurangnya pengetahuan sang pemain tentang peraturan futsal, terutama kiper. Berikut ini adalah contoh pelanggaran yang bisa dikenai sanksi tendangan bebas tidak langsung.

Pelanggaran Kesalahan Kiper

  • Menyentuh bola menggunakan tangan ketika menerima bola operan dari rekan setim
  • Melakukan penguasan bola lebih dari 4 detik
  • Menerima backpass dari rekan setim menggunakan tangan

Pelanggaran Kesalahan Pemain

  • Melakukan tindakan berbahaya
  • Menghalang-halangi gerakan tanpa bola lawan dengan sengaja
  • Menghalangi kiper untuk melepas bola dari tangannya
Tentu untuk melakukan tendangan bebas tidak langsung harus sesuai dengan peraturan pertandingan yang berlaku dimana posisinya dilakukan di tempat terjadinya pelanggaran, lain halnya jika terjadi di dalam daerah pinalti. Apabila pelanggaran terjadi di daerah penalti, maka tendangan bebas tidak langsung dilakukan di garis pinalti terdekat dengan tempat terjadinya pelanggaran.

#4 Hukuman Akibat Kelakuan Buruk

 ada banyak sekali pelanggaran yang bisa terjadi Pelanggaran & Sanksi dalam Olahraga Futsal Yang Wajib Diketahui !
ricuh dengan pemain termasuk kelakuan buruk dan termasuk pelanggaran dalam futsal
Di dalam olahraga futsal, seorang pemain akan dianggap melakukan pelanggaran fisik saja. Akan tetapi pemain futsal akan dianggap melakukan pelanggaran apabila melakukan kelakuan buruk di lapangan. Walaupun tidak sekeras pelanggaran kontak fisik, sanksi akibat kelakuan buruk bisa mengakibatkan pemain bersangkutan diusir dari lapangan, selengkapnya terus disimak ya.

Baca Juga:

Mendapatkan Peringatan

Mendapatkan peringatan dari wasit mungkin merupakan sanksi ringan akibat kelakuan buruk ini. Biasanya sang wasit akan menghampiri pemain dan memberinya peringatan, apabila sang pemain tidak terima sang wasit akan mencabut kartu kuning dari sakunya. Biasanya seorang pemain akan mendapatkan peringatan apabila:
  • Menunjukan perilaku tidak sportif
  • Mengulur-ngulur waktu karena ingin pertandingan cepat berakhir
  • Meninggalkan lapangan dengan sengaja tanpa ijin dari wasit
  • Masuk lapangan tanpa ijin wasit, biasanya hal ini terjadi saat pergantian pemain
  • Mengucapkan kata kotor kepada wasit dan juga lawan

Pengusiran

Seperti yang penulis singgung diawal segmen ke-empat, sanksi terparah akibat perilaku buruk di dalam lapangan adalah pengusiran dari luar lapangan. Ada beberapa sebab kenapa pemain diusir dari lapangan, diantaranya:
  • Melakukan pelanggaran yang sangat serius kepada peraturan, misalnya meludahi, memukul dan mendorong pemain lawan dan wasit
  • Memegang bola secara sengaja dengan tujuan menghilangkan momentum lawan untuk mencetak gol.
  • Menerima hukuman kartu kuning untuk kedua kalinya dalam satu laga
Demikian ulasan yang berisi tentang jenis pelanggaran dan sanksi fusal yang diberikan untuk tim yang melanggar. Sudah paham kan? Jika sobat sudah paham tentang pelanggaran-pelanggaran serta sanksinya, jangan sampai melakukan pelanggaran ya, jadilah pemain yang sportif karena sportif adalah bagian dari syarat menjadi pemain professional. Terimakasih sudah membaca, sampai jumpa dan salam olahraga!

Sumber https://adyarazan.blogspot.com/

0 Response to "Pelanggaran & Sanksi dalam Olahraga Futsal Yang Wajib Diketahui !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

close