Peraturan dan Ukuran Bola Futsal Menurut FIFA

Permainan futsal memang hampir sama dengan sepak bola. Aturan futsal seperti ukuran bola futsal, lapangan, gawang, aturan permainan, dan aturan lainny sudah diatur dan terstandarisasi oleh badan olahraga FIFA. FIFA sendiri sudah mempunyai standar untuk mengatur ukuran bola futsal dimana sebelumnya kami membahas seputar ukuran gawang futsal. Pada umumnya ukuran bola futsal sendiri lebih kecil dibandingkan dengan ukuran bola pada permainan sepak bola biasa.

 Permainan futsal memang hampir sama dengan sepak bola Peraturan dan Ukuran Bola Futsal Menurut FIFA
macam-macam ukuran bola

Ukuran Bola Futsal 

ukuran bola futsal


  • Ukuran (Size): 4
  • Keliling: 62-64 cm
  • Lambungan: 55-65 cm pada pantulan pertama
  • Bahan: kulit atau bahan yang cocok lainnya (yaitu bahan tak berbahaya)
  • Berat Bola: 0,4 - 0,44 kg
  • Pantulan Bola  : Pantulan bola sangat penting karena ketika pemain menghentikan bola setelah mendapat umpan panjang dengan kaki, dada atau kepala ketika bola tidak memantul sesuai yang diinginkan maka hal ini akan mempersulit pemain untuk melakukan kontrol. Dalam permainan futsal sendiri pantulan bola sekitar 55-65 centimeter.
  • Kebulatan Bola : Bola futsal harus berbentuk bulat sempurna. Hal ini akan membuat bola menggelinding dengan normal dan akan mempermudah pemain dalam melakukan dribbling. Selain itu bentuk bulat sempurna berfungsi pada saat bola ditendang ke udara putarannya akan stabil. Dalam permainan futsal maksimun 1,5%.
  • Tekanan Bola : Bola futsal harus memiliki tekanan yang tetap dan konsisten selama pertandingan berlangsung. Jika tekanan bola tidak sesuai maka bola harus dipompa segera mungkin.


Kualitas dan Ukuran Bola Futsal Menurut FIFA

Bola Futsal harus memiliki beberapa syarat dibawah ini :


  1. Berbentuk bulat.
  2. Terbuat dari kulit atau bahan lainnya.
  3. Minimum diameter 62 cm dan maximum 64 cm.
  4. Berat bola pada saat pertandingan dimulai minimum 400 gram dan maximum 440 gram.
  5. Tekanannya sama dengan 0,4 – 0,6 atmosfir (400 – 600 g/cm³)


Peraturan Bola Futsal Ketika di Dalam dan Luar Pertandingan

Bola futsal dapat dikatakan berada di dalam permainan ketika :


  1. Bola memantul setelah menyentuh wasit bila berada di dalam pertandingan.
  2. Bola memantul dari tiang gawang atau memantul dari mistar gawang ke dalam lapangan pertandingan. 
  3. Dalam pertandingan futsal, langit-alngit lapangan adalah 4 meter dan harus dipersyaratkan dalam peraturan kompetisi. Jika bola mengenai langit-langit ketika dalam permainan, maka permainan dimulai kembali dengan tendangan ke dalam yang dilakukan oleh pemain lawan.
  4. Tendangan ke dalam sendiri dilakukan dari tempat terdekat dimana bola mengenai langit-langit.

Bola futsal dapat dikatakan berada di luar permainan ketika :


  1. Bola mengarah keatas dan menyentuh langit-langit.
  2. Bola secara keseluruhan melewati garis gawang atau garis samping lapangan baik bergulir atau melayang di udara.
  3. Wasit menghentikan permainan.


Peraturan Pergantian Bola Rusak


  1. Bola futsal rusak atau pecah ketika permainan berlangsung maka pertandingan dihentikan sementara. Pertandingan akan dimulai kembali dengan manjatuhkan bola penggant di tempat dimana bola tersebut rusak atau pecah.
  2. Bola futsal rusak atau pecah ketika berada di luar pertandingan seperti pada saat permainan dimulai, tendangan pojok, tendangan gawang, tendangan berbas, tendangan penalti, dan tendangan ke dalam maka pertandingan dimulai kembali sesuai dengan peraturan biasa.
  3. Bola dapat diganti ketika mendapat ijin dari wasit.

Keputusan dan Penegasan Mengenai Ukuran Bola Futsal

Keputusan 1

Bola yang terbuat dari kulit laken/ bulu (Felt ball) tidak diperbolehkan.

Keputusan 2

  • Bola tidak diperbolehkan memantul kurang dari 55cm dan juga tidak boleh lebih dari 65cm pada pantulan pertama ketika bola dijatuhkan dari ketinggian 2 m. Dalam suatu pertandingan atau kompetisi, hanya bola-bola yang memenuhi persyaratan teknis minimal yang diatur dalam Peraturan No. 2 diperbolehkan untuk digunakan.
  • Dalam suatu pertandingan atau kompetisi FIFA dan pertandingan yang lainnya di bawah pengawasan konfederasi, penggunaan bola Futsal tergantung pada tiga logo persyaratan yang tercantum pada bola yaitu logo resmi "FIFA APPROVED" atau "FIFA INSPECTED" atau Referensi "International Match Ball Standard"
  • Logo yang tertera pada bola menyatakan bahwa bola tersebut telah diuji secara resmi dan sesuai dengan persyaratan teknis, masing-masing kategori beda spesifikasi yang diatur dalam Peraturan No.2, daftar persyaratan tambahan ditentukan pada setiap kategori dikeluarkan oleh FIFA. Institusi yang ditunjuk oleh FIFA yang akan melaksanakan pengujian tersebut.
  • Asosiasi Nasional dapat menyetujui penggunaan bola yang akan digunakan untuk kompetisinya sendiri atau pada seluruh kompetisi yang digelar, bola yang digunakan harus memenuhi salah satu dari tiga persyaratan yang telah ditetapkan dari Peraturan No.2
  • Apabila asosiasi nasional memperbolehkan penggunaan bola berlogo "FIFA APPROVED" atau "FIFA INSPECTED" untuk kompetisinya sendiri, maka asosiasi nasional juga harus memperkenankan penggunaan bola yang memegang rancangan bebas royalti "Internasional Matchball Standard".
  • Didalam kompetisi FIFA dan kompetisi lainnya dibawah pengawasan konfederasi serta asosiasi nasional, tidak diperbolehkan bentuk iklan komersial apapun tertera pada bola tersebut, kecuali untuk plakat kompetisi, penyelenggara kompetisi serta merek dagang pabrik pembuatnya dengan membatasi ukuran dan jumlah tanda-tanda tersebut.

Demikian adalah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai aturan ukuran bola futsal menurut FIFA. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan membantu ketika kalian bermain futsal. Sekian dari saya dan terima kasih, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman kalian.


Sumber https://adyarazan.blogspot.com/

0 Response to "Peraturan dan Ukuran Bola Futsal Menurut FIFA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

close