loading...

Sejarah Bola Voli di Indonesia dan Perkembangannya

Olahraga bola voli berkembang di indonesia sejak tahun 1928 tepatnya pada masa penjajahan Belanda. Olahraga bola voli dikenalkan oleh guru-guru penjaskes yang didatangkan dari Belanda dan serdadu Belanda yang kala itu berkuasa, sejak masa itulah olahraga bola voli di Indonesia mulai dikenal.

Jika guru pendidikan jasmani mengajarkan bola voli di sekolah, lain halnya dengan para tentara Belanda. Tentara Belanda sering kali bermain bola voli di Asrama tepat mereka tinggal. Terkadang para Tentara Belanda juga mengadakan turnamen-turnamen yang diikuti kalangan mereka sendiri. Sebelumnya kami juga membahas mengenai sejarah bola voli internasional, yang bisa menambah wawasan kalian mengenai sejarah voli di tingkat dunia.

 Olahraga bola voli berkembang di indonesia sejak tahun  Sejarah Bola Voli di Indonesia dan Perkembangannya
sejarah bola voli di indonesia
Sejak itulah olahraga bola voli mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia, sehingga lama-kelamaan banyak masyarakat Indonesia mendirikan klub bola voli dibeberapa kota-kota besar di Indonesia.

Melihat animo masyarakat Indonesia yang besar terhadap olahraga bola voli, pada tahun 1955 pemerintah mendirikan asosiasi resmi yang dikhususkan untuk mengatur dan mengembangkan olahraga bola voli di Indonesia. Asosiasi tersebut diberinama Persatuan bola Boli Seluruh Indonesia atau disingkat PBVSI. Asosiasi tersebut didirikan di Jakarta bersamaan dengan kejuaraan nasional untuk pertama kalinya.

Sejak berdirinya asosiasi bola voli, Olahraga bola voli di Indonesia berkembang pesat hingga saat ini. PBVSI rajin mengelola kompetisi resmi bola voli di Indonesia, tak hanya itu PBVSI juga sering mengirim atlet terbaik untuk memperkuat tim nasional bola voli Indonesia di kompetisi bola voli tingkat dunia.

Baca Juga:
Biodata Penemu Bola Voli William G. Morgan
Sepanjang berdirinya PBVSI, ada perkembangan yang sangat menonjol baik itu dikategori pria dan wanita terutama pada Asian Games IV yang digelar pada 1962 dan Ganefo I pada tahun 1963 di Jakarta.
 Olahraga bola voli berkembang di indonesia sejak tahun  Sejarah Bola Voli di Indonesia dan Perkembangannya
logo pbvsi - sejarah bola voli di indonesia
Dalam kurun waktu 1951-1952 Olahraga bola voli menjadi cabor resmi pada POMI di Yogyakarta pada tahun 1951 dan PON II Jakarta yang digelar pada tahun 1952. Pada 10 tahun kemudian atau tepatnya pada tahun 1962, perkembangan bola voli sangat pesat, ditandai dengan munculnya banyak klub-klub bola voli di seluruh pelosok tanah air.

Tak hanya berkembang di tingkat nasional, Bola voli juga ikut berkembang di tingkat Internasional. PBVSI selaku asosiasi bola voli Indonesia mengirimkan tim bola voli junior di kejuaraan dunia di Athena, Yunani pada tanggal 3 - 12 September tahun 1989.

Jika dilihat dari sejarahnya memang olahraga bola voli berkembang cukup pesat di Indonesia. Mengingat animo masyarakat terhadap olahraga bola voli yang tak kalah dari sepakbola, rasanya olahraga bola voli masih bisa berkembang lebih pesat lagi. Sekian artikel mengenai sejarah olahraga bola voli di indonesia ini, salam olahraga!


Sumber https://adyarazan.blogspot.com/

0 Response to "Sejarah Bola Voli di Indonesia dan Perkembangannya"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

Cpx24.com CPM Program
close